Kamis, 18 April 2013

Sejarah PD. BPRS Cilegon Mandiri



PD. BPR Syariah Cilegon Mandiri merupakan Badan Usaha Milik Daerah Kota Cilegon yang didirikan dengan Perda No.07 Tahun 2002. Kemudian mendapat Izin Prinsip dari Bank Indonesia No.05/236/BPS pada tanggal 5 Februari 2003 dan Izin Usaha No.5/2/Kep.Dpg/2003 pada tanggal 9 April 2003.

Kegiatan bank dikelola oleh Direktur dan Manager Operasional, yaitu H. Tb. Abdul Nasser, SE dan Idar Sudarma.  Dewan Direksi merupakan profesional yang berpengalaman dalam mengelola manajemen baik bank konvensional maupun bank syariah yang sudah lulus  fit and proper test  oleh Bank Indonesia.

Bank mulai beroperasi pada bulan April 2003 dan secara bertahap sejak mendapat izin prinsip, bank dipersiapkan baik struktur, standar prosedur operasional maupun sumberdaya insani untuk menjalankan aktifitas usaha bank.

Sumberdaya insani merupakan salah satu aset terpenting dari bank.  Kegiatan operasional bank dikelola 42 orang staf yang memiliki latar belakang pendidikan berbagai disiplin ilmu dari strata Diploma (D3), Sarjana (S1) dan Magister (S2) dari berbagai perguruan tinggi.  Dengan latar belakang pendidikan yang baik disertai dengan pelatihan dan pendidikan internal maupun eksternal yang berkelanjutan, bank memiliki sumberdaya insani yang mampu menjalankan aktifitas usaha bank dengan baik pula.  




ORGANISASI

Dewan Komisaris
Komisaris Utama  : Tb. Dikrie Wardhana, SE., MM
Anggota               :Drs. Ade Nasrudin, Msi

Dewan Pengawas Syariah
Ketua                  : Drs. H. Fajri Ali, MM

Dewan Direksi

Direktur Utama   :  -
Direktur              :  H. Tb. Abdul Nasser, SE.

VISI, MISI, DAN STRATEGI

Pertumbuhan ekonomi dan usaha di Kota Cilegon memerlukan dukungan lembaga keuangan syariah yang dapat dijangkau oleh masyarakat dan dapat memberikan jasa pelayanan yang baik sekaligus menjadi bagian dari milik warga Kota Cilegon.  Lembaga keuangan syariah ini memenuhi harapan mengenai perlu adanya lembaga keuangan yang berbasis prinsip syariah yang dimiliki oleh segenap warga Kota Cilegon.

Eksistensi BPR Syariah Cilegon Mandiri dilandasi oleh keinginan untuk menumbuhkan badan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi badan usaha yang kompetitif dan mampu berkembang menjadi perusahaan yang lebih kuat dan besar. Selanjutnya perusahaan-perusahaan lokal kemudian menjadi pendorong bagi berkembangnya  kewirausahaan yang lebih luas.

Diharapkan struktur dan institusi ekonomi Kota Cilegon bertambah baik seiring dengan semakin kuatnya lembaga keuangan dan badan usaha syariah. Lebih jauh lagi, lembaga keuangan syariah juga dapat berperan dalam pengelolaan zakat, infaq, shadaqah dan hibah sebagai bagian yang penting dalam menjalankan fungsi sosial bank syariah. 

Membangun kualitas kehidupan umat melalui perbankan syariah sebagai salah satu pilar dari kemandirian ekonomi masyarakat Kota Cilegon. Menguatkan pilar ekonomi dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam mengelola keuangan yang amanah dan profesional.

Kebijakan, prosedur dan operasional perbankan menggunakan asas amanah dan professional sebagai fundamen untuk menetapkan niat dan cara mencapai tujuan BPR Syariah Cilegon Mandiri. Melalui strategi ini Bank diarahkan menjadi lembaga perbankan syariah yang menjadi pilihan umat dalam menjalankan kegiatan ekonomi.

JASA PERBANKAN SYARIAH

BPR Syariah Cilegon Mandiri menjalankan aktifitas usaha perbankan syariah melalui penghimpunan dan penyaluran dana dari masyarakat dalam bentuk produk  dan jasa :


1.      Tabungan
·         Tabungan Kemandirian
·         Tabungan Wadiah
·         Tabungan Haji & Umroh (Taharoh)

2.      Deposito Mudharabah
·         Berjangka 1 bulan
·         Berjangka 3 bulan
·         Berjangka 6 bulan, dan
·         Berjangka 12 bulan

3.      Pembiayaan (Bagi hasil dan Jual beli)
·         Mudharabah
·         Musyarakah
·         Murabahah
·         Istishna

4.      Pinjaman Al-Qardh
5.      Sewa Ijarah
6.      Gadai Ar-Rahn

Bank syariah juga menjalankan fungsi sebagai Baitul Maal yang menghimpun dan mengelola dana zakat, infaq, dan shadaqah untuk selanjutnya disalurkan kepada yang berhak menerima (Mustahiq).

PERKEMBANGAN BANK

Perkembangan bank pada tahun 2008 dan diproyeksikan sampai akhir 2009 bank mengalami pertumbuhan yang pesat. Data aset bank menunjukkan kenaikan mencapai 9 persen.  Rasio pembiayaan yang disalurkan terhadap dana pihak ketiga yang dihimpun oleh bank (Financing to Deposit Ratio) mengalami kenaikan mencapai angka 126 persen, dan pendapatan bank naik 10 persen.

Penempatan dana abadi bertambah sebesar Rp 5 milyar dengan tujuan untuk melaksanakan Program Pembangunan Perumahan bagi Pejabat Pemerintah Kota Cilegon yang disalurkan melalui pembiayaan Istishna’ di mana pemerintah Kota Cilegon memberikan penghargaan kepada para pegawainya dengan menghibahkan tanah seluas 120m2 dan pembangunan rumah bekerja sama dengan pengembang dan Bank selaku pemberi pembiayaan.

Pendapatan bank sebagian besar masih berasal dari margin Istisha dan Murabahah dan pembiayaan didominasi skim Istishna’ yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2007.  Melihat pertumbuhan dan perkembangan berbagai indikator tersebut tampak Bank mengalami banyak kemajuan sejak Bank beroperasi.

5 komentar:

  1. saya mau menjadi marketing dari bprs cilegon mandiri bagaimana caranya? apa tidak ada recruitmen karyawan no.saya 087771190559

    BalasHapus
  2. assalamualaikum saya mau lihat laporan keuangan tahunan bprs cilegon mandiri caranya gimana yaa?

    BalasHapus
  3. assalamualaikum saya mau lihat laporan keuangan tahunan bprs cilegon mandiri caranya gimana yaa?

    BalasHapus
  4. email addres yang bener nya yang mana ya? cilegonbank@plasa.com fail terus

    BalasHapus

  5. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus